Kamar dan Makam Rasulullah SAW

Rabu, 21 Mei 2014 06:37:07

vKamar Rasulullah adalah tempat yang dihuni Nabi bersama Ummul Mukminin Aisyah binti Abu Bakar Shiddiq RA. Posisinya berada di tenggara Masjid Nabawi.

Kamar ini dibangun bersamaan dengan pembangunan Masjid Nabawi. Bahan bakunya terdiri dari tanah liat, batu bata, dan pelepah kurma, lalu ditutup dengan kain dari bulu hewan.

Luasnya tidak lebih dari 3,5 x 5 meter. Pintunya terbuat dari kayu jinten saru (Juniperus Communis) atau jati yang menjadi jalan menuju Raudhah di dalam masjid. Rasulullah wafat dan dimakamkan di arah kiblat kamar ini. Setelah itu, bagian utara kamar ini menjadi tempat tinggal Aisyah RA.

Ketika wafat, Abu Bakar dimakamkan di samping Rasulullah dengan jarak satu hasta. Posisi kepalanya sejajar dengan pundak Rasulullah. Dan ketika Umar bin Khathab RA wafat, dia dimakamkan di dekat Abu Bakar dengan jarak satu hasta. Posisi kepalanya sejajar dengan pundak Abu Bakar.

Saat itu, bagian utara masih tetap menjadi tempat tinggal Aisyah RA hingga akhir hayatnya. Ketika Aisyah wafat, dia dimakamkan di Baqi dan setelah itu tidak ada lagi yang mendiami kamar Rasulullah SAW. (www.jurnalhaji.com)

 

 

[1] 2 3 Last

Pengumuman


Assalamualaikum. Diberitahukan kepada seluruh umat Islam, terutama para jamaah haji untuk berdoa bersama, demi keselamatan bangsa Indonesia dari berbagai bencana yang terjadi. Terima kasih. Wassalam. Baca Selengkapnya

Galeri Poto

1

Kalender Hijriah

Rabiul Awal
3
Rabu
1439 HIJRIAH

Support


Marketing 1
Status YM

Marketing 2
Status YM

Marketing 3
Status YM

Jam Jakarta-Makkah

JAKARTA
MAKKAH

Statistik

Visitors :804447 Org
Hits : 1945851 hits
Month : 1011 Users
Today : 408 Users
Online : 7 Users

Login

Username
Password