PAS Travel Prioritaskan Melayani Jamaah

Minggu, 17 Oktober 2010 22:18:21



Nyaman dan khusyuk adalah harapan setiap jamaah dalam menjalankan ibadah haji atau umrah. Itulah pasar yang sedang dibidik PT Pandu As Shofa (PAS) Travel, sebuah anak perusahaan dari Pandu Logistics ini.

Untuk memberikan fasilitas yang diharapkan jamaahnya, PAS Travel menyediakan berbagai fasilitas pendukung seperti tempat akomodasi, transportasi, serta pelayanan lainnya secara prima. Misalnya, saat berada di Makkah, jamaah akan mendapatkan penginapan di Hotel Hilton yang dekat dengan Masjidil Haram. Namun demikian, kata Direktur Utama PAS Travel, Suparno Aries Samsuri, hal ini tak berarti memanjakan jamaah.

''Makanya kami juga selalu memberikan dorongan dan mengingatkan jamaah kami untuk selalu rajin beribadah,'' kata Suparno kepada Majalah Masjid Kita.

Tak hanya kenyamanan akomodasi dan transportasi yang ditawarkan PAS Travel kepada jamaah untuk mempermudah beribadah. Biro penyelenggara umrah dan haji yang lahir pada tahun 1997 ini, juga memberikan pembekalan ilmu agama atau manasik yang cukup kepada jamaah ketika masih berada di Tanah Air. Hal ini untuk memudahkan jamaah saat berada di Tanah Suci.

Pembekalan calon jamaah melalui manasik akan memudahkan jamaah dalam menyelenggarakan ibadah, baik haji maupun umrah. Tanpa manasik, dikhawatirkan akan terjadi ketidaktahuan jamaah saat menjalankan rukun-rukunnya. ”Kami terus berupaya memahamkan jamaah dengan penjelasan yang mudah dipahami jamaah,” katanya. 

Bahkan untuk memberika layanan yang maksimal dalam ibadah, PAS Travel juga telah menetapkan beberapa pembimbing haji atau umrah dari orang-orang yang berkompeten, misalnya Tuan Guru Musthafa Umar dari Lombok, KH Marzuki Arman Abduh, Lc, Ustadz Abdullah Hafizi, Lc.

”Insyallah dengan kemampuan mereka akan memudahkan jamaah yang akan berangkat melalui PAS Travel, sebab mereka sudah berpengalaman membimbing haji dan umrah,” tuturnya. 

PAS Travel memiliki filosofi tersendiri dalam melayani jamaah, yakni berupaya mengantarkan jamaah dapat meraih apa yang diniatkan, baik saat umrah maupun haji. ”PAS Travel berpegang pada prinsip kekhusyukan beribadah, kenyamanan dan keamanan di perjalanan pergi maupun pulangnya, serta ketenangan selama mengikuti program haji dan umrah,“ tuturnya.

PAS Travel selalu berupaya memberikan pelayanan maksimal kepada para konsumennya meliputi pelayanan akomodasi atau hotel berbintang selama di Tanah Suci, bimbingan ibadah di Tanah Air maupun Tanah Suci, serta berbagai fasilitas atau perlengkapan yang membantu kelancaran ibadah dan urusan-urusan lainnya selama menunaikan ibadah haji atau umrah.

Untuk layanan ibadah umrah, PAS Travel memberikan rute yang berbeda-beda. Misalnya selain beribadah di Kabah, juga jamaah bisa menikmati tour ke beberapa tempat bersejarah lainnya seperti makam Rasulullah dan para sahabat Rasul, mengunjungi Masjid Quba, Qiblatain, Khandaq, Jabal Uhud, Pasar Kurma, Jabal Maghnet, Jabal  Tsur, Jabal Nur, Jabal Rahmah, Padang Arofah, Minda, Jamarot, peternakan unta.

Selain itu, PAS Travel juga mengunjungi beberapa tempat wisata seperti Laut Merah, Masjid Terapung, Masjid Qishas, pusat perbelanjaan International Corniche. Sementara penginapan yang disediakan oleh PAS Travel cukup nyaman karena jamaah menginap di hotel berbintang. Seperti Hotel Dallah Thaiba, Huda Karim, dan Holiday Inn. ”Kami selalu mengedepankan layanan kepada jamaah agar jamaah benar-benar khusyuk dalam beribadah kepada Allah,” katanya.  

Kini diusianya yang sudah berumur 13 tahun, PAS Travel telah mengantarkan ribuan jamaahnya. Setiap bulannnya, perusahaan ini mampu memberangkatkan jamah umrah antara 100 hingga 200 jamaah. Sedangkan untuk ibadah haji plus, setiap tahunnya kisaran 50 hingga 150 orang.

Suparno menerangkan jumlah jamaah akan mengalami peningkatan drastis ketika moment tertentu, seperti ketika liburan sekolah atau saat bulan Ramadhan tiba. Ia mengakui kerap dibooking oleh perusahaan untuk memberangkatkan jamaah umrah dengan sistem rombongan satu perusahaan. Tak tanggung-tanggung satu perusahaan memberangkatkan hingga tiga bus.

”Kepercayaan dari masyarakat harus kami respon dengan memberikan layanan yang terbaik, alhamdulillah respon jamaah cukup baik,” katanya.

Suparno mengakui, kalau pemasaran yang selama ini ia terapkan untuk menarik jamaah menggunakan layanan PAS Travel lebih banyak dari mulut ke mulut para jamaah. Kepuasan jamaah dalam beribadah biasanya akan diceritakan kepada keluarga, tetangga, teman atau orang-orang dekatnya. ”Nah inilah yang kemudian berlanjut untuk menggunakan PAS Travel lagi,” katanya. 



Kilas Balik PAS Travel
Adalah tahun 1997, ketika Dr HM Bhakty Kasry menjalankan ibadah umrah melalui salah satu penyelenggara travel haji dan umrah di Jakarta. Saat itu, ia merasa kurang nyaman dengan layanan yang diberikan pihak penyelenggara. Dari sinilah, ide mendirikan PAS Travel muncul.

Menurut Komisaris PAS Travel, Hj Ellin Susemsiati, pertama kali berdiri, PAS Travel bernama Pandu Astutik Sentosa, namun karena kebijakan perusahaan, pada tahun 2003 berubah nama menjadi Pandu As Shofa. Nama ini dipilih oleh Tuan Guru Musthafa Umar.

Saat ini, PAS Travel memiliki 8 karyawan dan beberapa cabang, yaitu di Klender, Bintaro, Depok, Bekasi, Bogor, Jambi, Surabaya, Ternate, Mataram, Samarinda, Balikpapan, dan Semarang. ”Kami terus berupaya memberikan layanan terbaik untuk ibadah para jamaah, dan tidak asal-asalan,” tutur ibu dari tiga anak ini.

 

 

[1]

Pengumuman


Assalamualaikum. Diberitahukan kepada seluruh umat Islam, terutama para jamaah haji untuk berdoa bersama, demi keselamatan bangsa Indonesia dari berbagai bencana yang terjadi. Terima kasih. Wassalam. Baca Selengkapnya

Galeri Poto

1

Kalender Hijriah

Rabiul Awal
3
Rabu
1439 HIJRIAH

Support


Marketing 1
Status YM

Marketing 2
Status YM

Marketing 3
Status YM

Jam Jakarta-Makkah

JAKARTA
MAKKAH

Statistik

Visitors :804446 Org
Hits : 1945843 hits
Month : 1011 Users
Today : 408 Users
Online : 8 Users

Login

Username
Password