Keutamaan Memandang Ka’bah

Selasa, 11 Maret 2014 07:06:22

Abdul Majid bin Imran Al-Ajaly menceritakan dari Ibrahim An-Nakha’iy atau Hammad Ibnu Abi Salamah, katanya, “Orang yang memandang Ka’bah bagaikan orang yang sungguh-sungguh dalam beribadah di negeri yang lain.”

Dan diceritakan dari Ibnu Abbas, bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Setiap sehari semalam Allah Azza Wa Jalla menurunkan 120 rahmat kepada Baitullah, 60 di antaranya untuk orang-orang yang berthawaf, 40 untuk orang-orang yang shalat, dan 20 untuk orang-orang yang memandang (Baitullah).”

Utsman juga mengatakan bahwa Yasin pernah bercerita kepadanya dari Abil Asy’ats bin Dinar dari Yunus bin Khabbab, katanya, “Memandang ke arah Ka’bah adalah ibadah di bagian bumi yang lain.”

Dalam riwayat lain dikatakan, Yasin bercerita kepada Utsman dari seorang pria Mujahid, katanya, “Memandang ke arah Ka’bah adalah ibadah, dan masuk ke dalamnya berarti masuk ke dalam kebajikan, sedang keluar darinya berarti keluar dari keburukan.”

Atha’ mendengar Ibnu Abbas berkata, “Memandang ke arah Ka’bah adalah kemurnian iman.” Dan Ibnul Musayyib berkata, “Barangsiapa memandang Ka’bah dengan rasa keimanan dan pembenaran, maka dia telah keluar dari kesalahan-kesalahan sebagaimana ketika dia dilahirkan oleh ibunya.”

Zuhair bin Muhammad juga bercerita kepada Utsman dari Abi Sayib Al-Madany, katanya, “Barangsiapa memandang Ka’bah (dengan penuh keimanan dan pembenaran, maka dosa-dosanya akan berjatuhan sebagaimana daun-daun berguguran dari pepohonan.”

Zubair bin Muhammad berkata kepada Utsman, “Orang yang duduk di Masjidil Haram seraya memandang ke arah Baitullah, tanpa thawaf maupun shalat itu lebih utama daripada orang yang mengerjakan shalat di rumahnya tanpa memandang Baitullah.”

Utsman mendengar dari Atha’, katanya, “Memandang Baitullah adalah ibadah, dan orang yang memandang Baitullah itu ibarat orang yang berpuasa, melakukan shalat malam secara terus-menerus, menahan hawa nafsu, dan berjihad di jalan Allah SWT.” (Al-Azraqy: II/8-9).

Makhul mengatakan Rasulullah SAW bersabda, “Ada lima hal yang tergolong ibadah. Dan memandang ke arah Ka’bah adalah salah satu ibadah.” (Al-Fakihy: 1/200). (www.jurnalhaji.com)

[1] 2 3 Last

Pengumuman


Assalamualaikum. Diberitahukan kepada seluruh umat Islam, terutama para jamaah haji untuk berdoa bersama, demi keselamatan bangsa Indonesia dari berbagai bencana yang terjadi. Terima kasih. Wassalam. Baca Selengkapnya

Galeri Poto

1

Kalender Hijriah

Rabiul Awal
3
Rabu
1439 HIJRIAH

Support


Marketing 1
Status YM

Marketing 2
Status YM

Marketing 3
Status YM

Jam Jakarta-Makkah

JAKARTA
MAKKAH

Statistik

Visitors :804445 Org
Hits : 1945822 hits
Month : 1011 Users
Today : 409 Users
Online : 12 Users

Login

Username
Password